Ilustrasi perawatan wajah. (Pinterest/Everything For Women)
Ilustrasi perawatan wajah. (Pinterest/Everything For Women)
KOMENTAR

TAHUKAH kamu, ternyata ada beberapa kandungan dalam skincare yang sebenarnya tidak boleh digunakan secara bersamaan. Larangan penggunaan dalam waktu bersamaan tersebut bertujuan untuk menghindari risiko rusaknya kulit.

Simak zat dalam skincare apa saja yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

  • Retinol dan Asam hidroksi (AHA/BHA)

Jika keduanya dicampur, dapat menyebabkan iritasi kulit karena keduanya memiliki sifat eksfoliasi yang kuat. 

Retinol mempercepat pergantian sel, sementara AHA dan BHA mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan pori-pori, jika digunakan secara bersamaan dapat membuat kulit iritasi, kemerahan dan risiko pengelupasan kulit.

  • Retinol dan Vitamin C 

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang dikenal dengan kemampuannya untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Sedangkan vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, keduanya sangat populer dalam perawatan kulit. 

Tetapi penggunaan keduanya ternyata dapat membuat iritasi pada kulit, Dan solusi terbaiknya adalah menggunakan vitamin C di pagi hari untuk melindungi kulit dari kerusakan antioksidatif, sementara retinol digunakan di malam hari untuk mendukung regenerasi kulit, guna menghindari iritasi pada kulit.

  • Niacinamide dan Asam Askorbat.

Banyak orang yang mempercayai bahwa penggunaan niacinamide dan asam askorbat bersama-sama dapat mengurangi manfaat pencerahan kulit dari vitamin C. Niacinamide diketahui memiliki manfaat untuk memperkuat penghalang kulit dan mengurangi kemerahan.

Untuk menghindari interaksi, dapat menggunakan pada waktu yang berbeda dengan asam askorbat. Seperti, gunakan asam askorbat di pagi hari dan niacinamide di malam hari.

  • SPF dan Retinol

Walaupun SPF pada sunblock itu sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV, menggunakan retinol bersamaan dapat membuat kulit jauh lebih sensitif dan dapat membuat iritasi pada kulit.

  • Vitamin C dan AHA/BHA

Vitamin c dan AHA/BHA lebih baik tidak digunakan secara bersamaan dalam skincare, karena dapat membuat kandungan dalam skincare dapat mengurangi efektivitas kedua nya.

Dapat mengakibatkan penurunan efek positif yang diharapkan dari kedua bahan tersebut terhadap kulit.




Exclusive Reveal: BUTTONSCARVES Umumkan Laura Basuki, Putri Marino, Alyssa Daguise, dan Halima Aden sebagai Brand Ambassador

Sebelumnya

Jangan Salah, Ini Waktu Yang Tepat untuk Memakai Skincare

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga